Sabtu, 31 Oktober 2009

SUKSES DITENTUKAN OLEH TINDAKAN









Cermati Fakta berikut :

1. Rata-rata manusia menghabiskan 1/2 KEHIDUPANNYA untuk STUDY, 1/4 KEHIDUPNNYA untuk BEKERJA. Bagaimana 1/4 SISA KEHIDUPAN atau di USIA TUANYA? 36% R.I.P, 54% Bergantung pada Tunjangan, 5% Harus Tetap Bekerja, 4% Menikmati Masa Pensiun, 1% Kaya.

2. Mayoritas manusia hanya berpenghasilan rendah, padahal sebagian di antaranya telah menggunakan hampir semua waktu hidupnya untuk BELAJAR demi memantapkan kariernya (learning to do). Malah menurut penelitian, rata-rata hanya 7 – 20% IQ yang menunjang kesuksesan seseorang.

3. Mayoritas pengusaha dan raja-raja kesuksesan yang tercatat dalam sejarah, ternyata bukan hasil “pendidikan formal”. Parahnya lagi, justeru yang tidak mampu mengikuti materi pelajaran alias dijuluki “IQ jongkok” yang mewariskan prestasi luar biasa di berbagai bidang. Sebut saja Thomas A. Edison (penemu lampu pijar), Soichiro Honda (raja motor), Henry Ford (raja mobil), Bill Gates (orang terkaya di dunia berpenghasilan Rp. 180 milyar per hari, Microsoft Software), Lawrence Ellison (Oracle Software), Michael Dell (Dell Computer), Aritotle Onassis (raja kapal) dan lain-lain. Termasuk pembuat situs jejaring sosial yang booming saat ini Face Book, yaitu Mark Zuckerberg (dinobatkan sebagai miliarder termuda, nilai Face Book-nya mencapai Rp. 150 Trilyun).

4. Ternyata kesuksesan tidak ditentukan oleh seberapa tinggi strata pendidikan, seberapa banyak sertifikat penghargaan yang diraih, seberapa seminar dan pelatihan yang diikuti, melainkan SEBERAPA BESAR MENYIKAPI PENGETAHUAN MENJADI TINDAKAN dan MEMILIH POLA KERJA YANG TEPAT. Orang yang berpenghasilan Rp. 1 milyar, bukan karena ia bekerja lebih keras 1000 kali lipat atau berijazah lebih banyak 1000 lembar daripada yang berpenghasilan Rp. 1 juta. Tetapi MENGUBAH PENGETAHUAN MENJADI TINDAKAN. STRATA PENDIDIKAN MENJADI KOMPAS, BUKAN TUJUAN. Sheal, Peter (1989) dalam How to Develop and Present Staff Training Courses, London: Kogan Page Ltd, menyebutkan bahwa 90% PENGALAMAN BELAJAR DIPEROLEH DARI APA YANG KITA KATAKAN DAN KITA LAKUKAN. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar